Thursday, December 6, 2012

Cara Merawat Baterai Laptop/Notebook

Selama ini mungkin kita sering merasa kebingungan dalam merawat atau memaksimalkan penggunaan baterai laptop anda. Mungkin tulisan ini akan membantu anda agar umur baterai laptop anda bisa lebih panjang.
 
1. Mengurangi brightness layar laptop
Selain tidak membuat cepat lelah pada mata, juga dapat menambah masa baterai hingga 45 menit. Lumayan kan…

2. Nonaktifkan perangkat wireless dan bluetooth jika tidak digunakan
Sudah banyak laptop saat ini yang memiliki fitur wireless dan bluetooth. Tapi banyak yang belum tahu kalau tools tersebut dapat mempercepat daya baterai semakin berkurang. Jadi, jika ingin mengaktifkan tools tersebut gunakan pada saat dibutuhkan saja. Apabila tools tersebut tidak dibutuhkan maka lebih baik di nonaktifkan untuk menghemat baterai.

3. Ganti mouse nirkabel
Hampir sama dengan tools tadi. Mouse wireless atau nirkabel juga dapat mengurangi daya baterai dengan cepat. Jadi, saran saya lebih baik gunakan mouse yang menggunakan kabel.

4. Pasanglah memori yang lebih
Gunakanlah memori yang besar. Minimal untuk ukuran saat ini 1Gb. Karena dengan itu, kinerja sistem lebih cepat. Dan pekerjaan pun dapat selesai dengan cepat.

5. Install windows XP daripada VISTA
Lebih baik gunakan windows XP, karena OS Vista banyak menyedot daya baterai.

6. Nonaktifkan index pada drive
Biasanya akan ada pengindeksan pada drive jika menggunakan format NTFS. Nonaktifkan indexing pada drive. Tapi resikonya pada proses indexing data agak membutuhkan waktu yang lama.

7. Kondisikan Baterai
Baterai pada laptop anda juga memiliki memori.  Baterai akan mengenali ketika plug dan unplugged dari konektor daya AC.  Jika baterai tidak segera dipasang lagi maka baterai akan mengalami penurunan yang cukup cepat pada dayanya. Biarkan gunakan baterai hingga maksimal karena nanti dengan sendirinya baterai akan memberikan indikasi jika sudah harus di charge.
Jangan sampai terjadi tekanan yang berlebihan yang diakibatkan karena terjatuh, terbentur, terhimpit ataupun tertumpuk oleh benda berat di atas baterai. Hal tersebut akan mengakibatkan sirkuit di dalam baterai menjadi rentan terjadi hubungan arus pendek (korslet) yang kemudian mengakibatkan overheating.
Saran terakhir, pastikan Anda memahami cara menggunakan, menyimpan dan men-charge baterai dan notebook yang telah tertulis di dalam buku manual.
Bagi yang mempunyai cara lain silahkan ditambahkan di komentar postingan ini :-)

No comments:

Post a Comment