Wednesday, December 5, 2012

Cara Agar Blog Muncul di Pencarian Google

http://increaserss.com/wp-content/uploads/Webmaster-Tools.jpg
Membuat blog ada salah satu hal yang menyenangkan terlebih jika blog tersebut dapat bermanfaat dan berguna bagi pengunjung. Salah satu cara agar blog banyak pengunjung adalah dengan mendaftarkan blog ke mesin pencari seperti google, yahoo, bing, ask, dan search engine (mesin pencarian) situs lainnya. Untuk artikel kali ini saya akan membahas cara agar blog muncul di mesin pencarian google.
Google adalah situs pencarian terbesar saat ini, inilah salah satu alasan saya membahas google lebih awal. Hal yang perlu dilakukan agar blog muncul atau terdaftar di google adalah dengan membuat akun webmasters.
Silahkan klik link ini untuk mendaftar di google webmasters : http://www.google.co.id/webmasters/tools. Untuk cara mendaftakan blog ke google webmasters telah di jelaskan di halaman bantuan google, silahkan klik link ini untuk mebaca penjelasannya http://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=34592.
Mendaftarkan blog ke akun webmasters juga berguna untuk mengklaim blog (menyatakan kalau blog tersebut memang milik anda). Jika membuat blog di blogger.com secara otomatis anda akan memiliki akun webmasters dan tidak perlu lagi mengklaim blog. Setelah blog terdaftar di akun webmasters dianjurkan untuk menambahkan sitemap agar mesin pencari lebih mudah merayapi blog. Baca disini » cara submit sitemap ke akun webmasters
Hal selanjutnya setelah memiliki akun webmasters adalah dengan mengijinkan spider (alat perayap untuk mesin pencari) untuk menjelajahi blog. Caranya dengan memasukan blog ke alamat berikut https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?continue=/addurl, tanpa melakukan hal ini pun sebenarnya situs akan langsung dijelajahi spider jika kita telah mendaftarkan blog ke akun webmasters, cara ini berguna untuk mempercepat pengindeksan. Tunggu beberapa saat blog akan muncul di pencarian google (www.google.com), pada beberapa kasus perlu waktu sampai beberapa minggu agar blog diindeks google.

No comments:

Post a Comment