Wednesday, November 7, 2012

Google Pagerank Update November 2012



Tidak banyak yang bisa saya sampaikan selain hanya untuk menginformasikan bahwa hari ini, 08 November 2012, Google kembali melakukan update PageRank (toolbar), artinya setiap halaman web/blog, baik homepage maupun halaman-halaman lainnya yang sudah hadir di dunia internet ini mengalami update atau pembaruan PageRank.

Saya pernah menyinggung ini di salah satu status Facebook saya sekitar 9 hari yang lalu:
Ahmad Khoirul Azmi
perkiraan saya awal november 2012 ini (minggu 1 - 2) akan ada google pagerank (toolbar) update...

Dan memang benar, hari ini, memasuki minggu kedua di bulan November (atau masih minggu pertama di US), Google Pagerank update benar-benar terjadi. Dan seperti biasanya update pagerank terjadi, di social media, posting blog, forum, berita online, dan media-media sejenis lainnya gencar menginformasikan ini. Sebagian bertepuk tangan karena web/blog mendapatkan hadiah tambahan rank, sebagian lagi kecewa karena masih bercokol di PR 0 atau ada pula yang justru drop.

Pagerank Update kali ini tidak berpengaruh besar terhadap blog ini, masih saja bercokol di rank 3 dan tidak berubah sejak 8 bulan yang lalu. Namun beberapa halaman posting mengalami kenaikan pagerank dan visibilitas di halaman indeks, termasuk posting-posting yang baru. Yang cukup menyenangkan sih sebenarnya adalah situs bookmarking saya, blogmarkit.info, yang mendapatkan hadiah PR 2. Cukup lumayan untuk sebuah situs social bookmark yang ga pernah mendapatkan link building. :)

Beberapa blog lain ada yang turun dan naik. Dan memang perlu diakui, link building saat ini menjadi sangat sulit, karena kriteria link yang berkualitas semakin ketat, khususnya setelah update Penguin 3.0 pada awal Oktober lalu. Belum lagi dengan adanya Google EMD Update yang menyikat banyak situs yang menggunakan exact match keyword pada nama domainnya. Hmmm.... cukup bikin repot untuk melakukan perbaikan di sana-sini.

Bagaimana dengan blog sobat? Sudahkah melakukan checking pagerank? Selamat ya buat yang berhasil mendapatkan kenaikan pagerank atau mempertahankan pagerank-nya. Buat yang belum dapat kenaikan, sssttt... jangan khawatir, 100% saya yakin Pagerank (toolbar) tidak mempunyai pengaruh esensial terhadap ranking di hasil pencarian (SERP). 

Belum tahu hasil Pagerank pada blog sobat? Check your Google Pagerank now!

No comments:

Post a Comment