Friday, November 30, 2012

Google Luncurkan GooglePlus Followers Gadget untuk Blogger

Blogger Google+ Followers. Informasi ini cukup menggembirakan bagi para pengguna Blogger, terutama bagi sobat yang telah mengintegrasikan profil Blogger dengan profil Google+. Widget ini disebut "Google+ Followers Gadget" dan berfungsi menampilkan follower Blog (atau profil) lengkap dengan foto profil pengikut. Widget ini seperti gabungan dua widget yang sudah sangat kita kenal, Google Plus Add to Circle/Follow Widget dan Google Friend Connect. Di bawah link/title profile, terdapat tombol follow.

Tentu, dalam perspektif saya, kehadiran widget ini memberikan banyak keuntungan, diantaranya adalah memperluas jangkauan readership, semakin menggabungkan profile Google+ dengan Blogger dalam satu atap, memperkuat authorship, dan menjangkau follower dari dua tempat sekaligus, yaitu dari stream Google+ dan langsung dari blog.

Lalu Bagaimana Nasib Google Friend Connect?

Google menyampaikan bahwa pengguna Google Friend Connect tidak perlu khawatir dengan adanya fitur widget baru ini. Meskipun integrasi Google Friend Connect dengan beberapa platform lain telah dihentikan dalam beberapa tahap sebelumnya, namun integrasinya dengan Blogger tetap akan dijalankan. Saya pribadi hingga saat ini masih tetap setia dengan widget ini, belum (atau mungkin tidak akan) mengintegrasikan profil Blogger dengan Google+, dan tentu saja tidak ingin kehilangan blog follower yang sudah cukup banyak. Melepaskan Google Friend Connect dapat merugikan karena sama saja akan kehilangan banyak subscriber yang selalu menunggu-nunggu update terbaru. Selain itu, Google Friend Connect juga dapat diraih (di-follow) dengan menggunakan akun G+.

Tentu akhirnya ini adalah pilihan, dan menggunakan kedua widget ini saya rasa justru akan memberikan kelebihan dan keuntungan yang jauh lebih besar. Jadi bagi anda yang sudah menghubungkan akun Blogger dengan G+, maka menggunakan widget baru "Google+ Followers Widget" sangat dianjurkan. Bagi yang belum atau tidak melakukan integrasi profil, menggunakan Google Friend Connect tetaplah hal yang penting.

Cara Memasang Widget Google+Followers di Blogger

Syarat agar sobat bisa menggunakan widget ini adalah sebelumnya telah menggabungkan/mengintegrasikan  atau meng-upgraged profil Blogger ke profil Google+. Langkah selengkapnya adalah:
1. Integrasikan atau pindahkan profil Blogger ke Google+ (jika belum, simak cara Integrasi Profil Blogger ke Google+).
2. Setelah mengintegrasikan profil, anda bisa memilih untuk mengasosiasikan blog-blog yang dimiliki dengan Google+ Profile atau Google+ Page sesuai keinginan. (pastikan profil tidak diset dalam kondisi "private" karena widget tidak akan muncul di blog. Simak selengkapnya tentang ini dalam artikel rujukan di poin 1).
3. Dari Dashboard, langsung masuk ke halaman Layout. Lalu klik "Add a Gadget/Tambahkan Gadget".
4. Cari dan pilih Gadget baru "Google+ Followers".
add google+ followers gadget
5. Di halaman setting gadget, edit/ganti title dengan kata-kata yang diinginkan. Jika sebelumnya (sesuai langkah 1) sobat belum mengintegrasikan profil, akan muncul link untuk melakukan integrasi. Lalu save.
configure google+ followers gadget
6. Jika diperlukan, susun atau letakkan gadget pada posisi yang diinginkan di halaman layout, lalu save lagi.

Troubleshooting

Jika gadget sudah ditambahkan namun tidak tampil di halaman blog, besar kemungkinan profil belum tervalidasi dengan benar. Kembali ke tab Google+ di dashboard Blogger dan lakukan proses integrasi dan validasi.

© 2012 buka-rahasia.blogspot.com. All rights reserved.

No comments:

Post a Comment