Wednesday, November 7, 2012

Cara Membuat Daftar Isi Menjadi Link Otomatis di Ms. Word

Judul posting ini memang panjang, karena supaya bisa di mengerti oleh pembaca :)
Link di ms word yang saya maksud ini adalah link di daftar isi atau di bagian lainya, misalkan di daftar isi, ketika kita klik judul bab yang ingin kita buka maka akan secara otomatis akan masuk ke halaman yang kita inginkan (halaman bab yang kita klik di daftar isi), ini sangat berguna ketika akan membuat skripsi atau makalah dsb, dalam jumlah yang banyak. Jadi mempermudah untuk mengatur dan mengecek isi halaman karena tidak harus menggulung ke atas dan ke bawah panjang sekali, bayangkan ketika halaman makalahnya sampai ratusan lembar....

Cara membuatnya pertama tentusaja buka dulu Ms Word-nya, disini saya menggunakan ms word 2007.

Misalkan nih kita membuat makalah, sudah di kasih daftar isi, dan isinya sudah lengkap, terus kita mau bikin daftar isinya nge-link ke isi dokumen itu.

Misal, kita mau bikin link dari daftar isi ke judul "PERTEMUAN V",

Masuk ke halaman "PERTEMUAN V"

Blok tulisan "PERTEMUAN V",



Pada ribbon klik tab Insert kemudian klik Bookmark.



 

Kemudian akan muncul kotak bookmark name, pada kotak Bookmark name tuliskan nama bookmark (tida boleh ada spasi, tanda spasi bisa di ganti underscore "_" ), kemudian pilih Add.

Penyimpanan alamat PERTEMUAN_V selesai, berikutnya kita membuat link ke alamat ini (PERTEMUAN_V).

Sekarang masuk ke halaman daftar isi dan cari kalimat yang akan di link ke halaman PERTEMUAN_V , misalkan kita pilih saja yang ada di daftar isi.

Blok tulisan yang akan di buat link (lihat gambar di bawah).


Kemudian pada toolbar, pilih ribbon Insert lagi,

Setelah itu kamu klik Hyperlink,

Kemudian muncul kotak Edit Hyperlink, pada kolom Link to : ,pilih Place in This Document dan pada kolom Select a place in this document : kamu pilih PERTEMUAN_V ini adalah bookmark dari halaman pertemuan_v yang tadi kamu buat, setelah itu klik OK.


Pembuatan lik selesai, sekarang kita coba link-nya, pada daftar isi yang sudah di link di atas, pilih dengan menekan Ctrl + klik kiri di teks yang di link. Jika berhasil ms word secara otomatis akan berpindah ke halaman yang di link itu.
Jika ingin tidak capek untuk kembali ke daftar isi lagi sahabat bisa membuat Link ke daftar isi dibawah tiap-tiap artikel dengan cara yang sama seperti yang dijelaskan diatas.

Mungkin itu aja Artikel dari saya dan semoga bermanfaat untuk sahabat sekalian!

No comments:

Post a Comment