Thursday, November 29, 2012

Cara Membersihkan Virus Malware pada Blog atau Website


Kaget juga ketika saya mendapatkan email notifikasi dari Mbah Google, bahwa beberapa page pada website dan postingan di subdomain blog milik saya terindikasi mengandung virus malware yang akan membahayakan pengunjungnya. Sehingga Google me-redirect pengunjung site tersebut ke warning page.

Informasi yang saya dapatkan bila tidak segera action untuk memperbaikinya, Google akan melakukan de-index website atau blog juga tidak akan lagi melakukan index site tersebut di search engine. Impact-nya pasti pengunjung website atau blog tersebut akan terjun bebas :-(

Akhirnya tidak sampai 48 jam, saya berhasil meyakinkan Google bahwa site saya tersebut sudah aman. Dan alhamdulillah Google melakukan pengecekan kembali dan hasilnya sudah tidak ada lagi malware pada website dan blog saya.

Berikut langkah-langkah yang telah saya lakukan:
  • Masuk ke Google Webmaster, lihat message yang menyatakan adanya malware, klik detail, kemudian lihat kode yang diinjek pada url tersebut
  • Masuk ke cpanel atau dashborad website yang terindikasi ke malware. Cari kode yang diinjek pada URL, bila menemukan hapus kode tersebut. Bila tidak ditemukan kode tersebut, langkahnya adalah men-delete page tersebut dan create lagi. Thanks sama Suhu Mas Jauhari atas sarannya :-)
  • Masuk lagi ke menu Malware di Diagnostics Google Webmaster Tool, minta Google untuk review kembali. Tidak sampai 5 jam, cek kembali pada menu Malware di Diagnostics Google Webmaster Tool. Bila memang tidak ditemukan Malware lagi, nanti akan muncul message "Google has not detected any malware on this site".
Sebelum melakukan langkah-langkah di atas, saya melakukan backup website dan blog terlebih dahulu dan melakukan upgrade Wordpress / Blogger ke versi terbaru. Tips  untuk mencegah Malware, kita selalu melakukan upgrade Wordpress / Blogger yang terbaru dan rutin mengunjungi Google Webmaster untuk melakukan dignostics keseatan website kita. Semoga Malware tidak balik lagi. Amin.

No comments:

Post a Comment