Sunday, November 4, 2012

Cara Memasang Facebook Recommendation Bar di Blogger

Blogger Facebook Recommendation Bar.
Akhir 2011 lalu Facebook mengumumkan akan menambahkan fitur baru yaitu "Facebook Recommendation Bar". Akhir Juni 2012 lalu, fitur ini kemudian dirilis dalam bentuk beta. Saya sudah pernah mencobanya, namun karena terlalu berat, dan terlalu banyak fitur, maka saya kembali melepaskannya. Beberapa waktu kemudian, fitur seperti "Add to Timeline" yang juga muncul di recommendation bar tersebut dihilangkan. Script diperbaiki sehingga menghasilkan load yang lebih cepat dan efisien. Settingnya pun bisa dikostumisasi sendiri dengan mengubah beberapa parameter sehingga sesuai dengan keinginan pemilik web/blog.

Pada dasarnya, script Facebook Recommendation Bar berbasis pada pengambilan (fetching) beberapa meta informasi di dalam blog/web; sehingga basic penggunaanya tergantung pada template dan susunan strukturnya. Penggunaan fitur ini ditujukan sebagai alat rekomendasi posting/artikel setelah pembaca artikel blog selesai membaca sebuah artikel. Secara default, recommendation bar akan terbuka secara otomatis dalam waktu dan posisi tertentu pada sebuah halaman, berisi beberapa rekomendasi posting (default 3 buah), dan juga sebuah like button.

Ada Manfaat atau Keuntungan Menggunakan Facebook Recommendation Bar?

Tentu saja ada! Facebook Recommendation Bar telah saya buktikan memberikan keuntungan yang sangat banyak. Di antaranya adalah meningkatkan jumlah pageview, meningkatkan traffic, mengurangi bounce rate, dan tentu saja meningkatkan revenue. Sinergi widget ini dengan widget lainnya seperti LinkWithin Related Posts, Recent Posts Widgets, dan beberapa widget sejenisnya akan memberikan dampak yang signifikan terhadap traffic blog. Facebook Recommendation Bar memiliki keunggulan menampilkan jumlah like pada sebuah post, dan ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca blog untuk mengetahui isi posting yang direkomendasikan.

Cara Menambahkan Widget Facebook Recommendation Bar

Widget ini bekerja berdasarkan otorisasi aplikasi. Kemungkinan anda gagal menggunakannya adalah karena menggunakan App ID milik user lain yang tidak diotorisasi untuk domain tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan Facebook App yang dibuat sendiri. So, langkah yang harus dilakukan dalam memasang widget ini adalah:

Langkah 1: Membuat Facebook Application

Note: Jika anda sudah memiliki aplikasi yang berkaitan atau digunakan di blog anda dan telah terotorisasi, lewati langkah ini. Langsung copy App ID yang tertera dan simpan terlebih dahulu.

1. Masuk ke halaman Facebook Apps (pastikan sudah login).
2. Klik Create New App.
3. Akan muncul pop up box, masukkan nama aplikasi (terserah saja, misalnya "Buka Rahasia Recommendation"). Klik continue.
create new app
4. Masukkan kode captcha, klik submit.
5. Anda akan masuk ke halaman setting aplikasi. Lihat pada bagian bawah, tepatnya pada "Website with Facebook Login". Klik, lalu masukkan url blog. Jangan klik opsi lainnya, karena ini akan menyebabkan kesalahan setting dan memang tidak perlu diaktifkan untuk jenis aplikasi ini. Lalu klik "Save Changes".
add app url
6. Setelah itu akan muncul informasi App Id dan App Secret. Copy angka-angkan pada App ID, simpan di tempat yang aman. Berikut contohnya:
app ID
Langkah 2: Menginstall Facebook Recommendation Bar

1. Masuk ke Blogger > Template > Edit HTML.
2. Kemudian setelah pop up box muncul, klik "proceed" (lanjutkan).
Note: Bila perlu backup template terlebih dahulu.
3. Cari kode ini:
<html 
Tujuannya adalah untuk memasukkan xlmns Facebook yang berfungsi sebagai fetcher, masukkan xmlns:fb='http://ogp.me/ns/fb#' tepat setelahnya. 
<html xmlns:fb='http://ogp.me/ns/fb#'
Oh ya, jika anda telah menggunakan xlmns:fb versi lama sebelumnya, hapus dan ganti dengan yang diatas.
4. Kemudian cari <body>. Pada template-template Blogger versi baru (simple, awesome, travel, dll), ada kemungkinan tambahan script atau informasi di belakang body, jadi cukup cari saja dengan <body (tanpa penutup). Copy kode berikut tepat setelahnya/di bawahnya:

<div id='fb-root'/>
<script>
//Facebook Recommendation bar - buka-rahasia.blogspot.com
//<![CDATA[
(function(d, s, id) {
  var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
  if (d.getElementById(id)) return;
  js = d.createElement(s); js.id = id;
  js.src = "//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1&appId=123456789012345";
  fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));
//]]>
</script>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'><div style='z-index:999999; position:absolute;'>
<fb:recommendations-bar action='like' max_age='0' num_recommendations='3' read_time='10' side='right' site='http://buka-rahasia.blogspot.com' trigger='50%'/></div>
</b:if></b:if>

Buat perubahan script di atas dengan petunjuk berikut:
  • Ganti 123456789012345 dengan App ID yang sebelumnya telah dibuat.
  • Ganti http://buka-rahasia.blogspot.com dengan url blog sobat.
5. Save template dan coba cek hasilnya.

Kostumisasi Tingkat Lanjut (Opsional)

Jika sobat ingin melakukan kostumisasi pada bagaimana Facebook Recommendation Bar ditampilkan, perhatikan poin-poin berikut:
  • max_age adalah maksimum usia posting yang akan ditampilkan dalam rekomendasi, ubah nilai 0 menjadi maksimal usia posting dalam hitungan hari, misalnya 100, berarti maksimal usia posting yang ditampilkan adalah 100 hari. Nilai 0 adalah default yang artinya tidak ada batasan usia posting.
  • num_recommendations adalah jumlah rekomendasi dalam setiap tampilan/load, ubah nilai 3 untuk menampilkan jumlah posting yang diinginkan.
  • read_time adalah waktu yang dibutuhkan untuk load seketika user/pembaca mencapai titik scroll dimana widget muncul dan menampilkan isi rekomendasi. Saya telah menyettingnya hingga sama dengan 10 detik, jika ingin widget menampilkan lebih lama, tambah nilai 10.
  • side adalah di sisi mana widget akan ditampilkan. Default settingan saya di atas adalah right dimana widget ditampilkan di sisi kanan. Jika ingin ditampilkan di sisi kiri, ubah menjadi left.
  • trigger adalah posisi awal dimana widget akan muncul. Setting di atas saya beri nilai 50% yang artinya widget akan muncul setelah user/pembaca blog scroll hingga separuh halaman. Ubah nilainya jika ingin widget muncul lebih ke atas atau ke bawah. Semakin besar nilai persentasenya, semakin ke bawah.
  • Script saya set untuk ditampilkan pada halaman posting dan statis (untuk halaman statis, tergantung template, kadang tidak ditampilkan), untuk menampilkan di semua halaman hapus tag b if conditional (semua yang berwarna pink). Untuk menampilkan di halaman-halaman tertentu lainnya, pelajari Menampilkan Widget Blogger hanya di Halaman Tertentu.

Analisa Permasalahan Jika Widget Tidak Bekerja Sempurna

Kemungkinan permasalahan yang akan muncul adalah gambar yang tidak sesuai, title yang salah dan sejenisnya. Beberapa template Blogger memiliki struktur yang tidak baik atau susunannya tidak sempurna sehingga ketika fetcher mengambil informasi, bisa terjadi kekeliruan atau bahkan kegagalan. Jika anda menemui masalah demikian, gunakan meta:og tambahan di dalam template blog anda. Simak tutorial selengkapnya di Memperbaiki Gambar & Deskripsi Posting/Blog di Facebook

Well, that's it and have a nice blogging!

© 2012- 'til drop! buka-rahasia.blogspot.com. All rights reserved.

No comments:

Post a Comment