Friday, June 1, 2012

Cara Setting Menu Dasar di blogger



Cara Setting Menu Dasar di Blogger – Apabila kang rohman membuat blog baru menggunakan blogger, maka langkah pertama yang saya lakukan adalah melakukan pengaturan atau setting pada menu Setelan, baik itu menu Dasar, Pos dan komentar, Seluler dan Email, bahasa dan pemformatan, Preferensi penelusuran, dan Lainnya.



Masing-masing pengaturan menu tersebut akan dibahas secara terperinci. Namun, agar tidak terlalu panjang, bahasan kali ini fokus kepada pengaturan Menu Dasar.







Cara Setting Menu Dasar di blogger


Untuk melakukan setting menu dasar, berikut adalah langkah-langkahnya :




  • Silahkan login ke blogger dengan ID anda

  • Klik menu Dropdown, lalu klik Setelan



    menu setelan blogger




  • Umumnya anda akan langsung berada pada dashboard menu Dasar, namun apabila belum, klik sub menu Dasar.



    menu dasar blogger




  • Pada menu dasar ini anda dapat melakukan pengaturan sesuai dengan yang diinginkan.


Judul



Ini adalah fitur untuk mengatur judul blog anda. Klik Edit untuk melakukan perubahan. Contoh Judul blog : Cara membuat blog di blogspot dan Wordpress



judul blog





Ingat! Sebuah judul blog sangat penting dan berpengaruh besar terhadap SEO, oleh karenanya buatlah judul yang menarik dan memuat kata-kata yang kita targetkan. Jumlah karakter yang disarankan sekitar 54 karakter. Sebuah judul blog jangan terlalu pendek atau terlalu panjang. Untuk menghitung jumlah karakter, anda bisa menggunakan character Counter Tool yang ada di blog ini.



Deskripsi



Ini adalah fitur untuk mengatur Deskripsi blog. Klik Edit untuk melakukan perubahan. Contoh Deskripsi blog: Cara membuat blog menggunakan blogspot, wordpress serta informasi seputar teknologi terkini yang bisa anda akses secara gratis.



deskripsi blog





Sama halnya seperti judul blog, sebuah deskripsi sangat penting untuk SEO. Buatlah sebuah deskripsi yang menarik yang mengandung kata-kata yang kita targetkan agar kata-kata tersebut bagus pada search engine. Panjang karakter yang disarankan sekitar 160 karakter. Sebuah deskripsi blog jangan terlalu pendek atau terlalu panjang



Privasi



Ini adalah fitur untuk mengatur privasi. Klik Edit untuk melakukan perubahan.



privasi blogger



Fitur ini memberikan pilihan kepada anda apakah blog yang dibuat boleh tercantum di list blogger serta search engine (google) atau jangan. Bila blog anda adalah sebuah blog biasa dan boleh di konsumsi oleh umum, maka atur agar bisa tercantum, namun bila blog private maka atur agar tidak tercantum.



Alamat Blog



Ini adalah untuk mengatur alamat blog. Blog yang dibuat diblogger ada dua pilihan alamat yang bisa anda pilih, yaitu menggunakan alamat subdomain blogspot atau menggunakan domain sendiri. Misal, bila menggunakan subdomain blogger, maka alamat blog ini adalah http://kolom-tutorial.blogspot.com, namun karena kang rohman ingin menggantinya dengan domain sendiri, maka alamat blog ini menjadi http://www.krtutorplus.com



alamat blog



Untuk cara mengubah alamat blogspot menjadi domain sendiri bisa anda baca pada panduan mengenai cara custom domain di blogger



Penulis Blog



Ini adalah fitur untuk mengatur penulis blog (author). Sebuah blog dapat mempunyai satu atau juga lebih dari satu orang penulis. Untuk menambahkan penulis, klik tambahkan penulis, lalu tulis alamat email penulis  lain yang ingin anda undang.



undang penulis blog





Pembaca Blog



Ini adalah fitur untuk mengatur siapa saja yang dapat membaca blog anda. Untuk melakukan perubahan, klik Edit. Disini ada 3 pilihan yaitu Siapa Pun, Hanya Penulis blog dan hanya para pembaca berikut, masing-masing telah terdapat keterangan lengkap.



pembaca blog





Itulah artikel cara membuat blog mengenai Cara Setting Menu Dasar di blogger. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment