Thursday, May 24, 2012

Cara Mengedit Theme Wordpress


theme wordpress

Cara mengedit theme wordpress, KRtutorplus.com – Karena kita bukanlah seorang perancang theme wordpress, maka umumnya theme yang kita gunakan adalah hasil rancangan orang lain. Terkadang ada sedikit tampilan atau letak suatu tulisan yang tidak sesuai dengan selera dan kita ingin mengeditnya, oleh karena itu tidak ada salahnya apabila kita mengetahui bagaimana cara mengedit theme wordpress.





Cara mengedit theme wordpress




Ada banyak cara untuk mengedit theme, diantaranya adalah langsung pada dashboard blog, melalui Cpanel hosting atau melalui FTP client.



Berikut adalah langkah-langkah mengedit theme wordpress langsung dari Dashboard




  • Silahkan login ke dashboard blog wordpress anda

  • Alihkan perhatian kesebelah kiri monitor, arahkan pointer mouse ke menu Appearance, kemudian pilih Editor



    theme editor




  • Anda akan langsung dibawa ke halaman theme editor. Biasanya yang terbuka adalah theme yang sedang anda gunakan.

  • Kolom sebelah kanan adalah nama file dari theme anda. Untuk mengedit suatu file, klik pada nama filenya.

  • Kolom sebelah kiri adalah kode dari file yang di pilih untuk di edit.

  • Di sini, anda dapat mengedit sesuai dengan kebutuhan, namun jangan lupa untuk membuat sebuah backkup data sebelum mulai melakukan edit.










  • Bila proses edit telah selesai, klik tombol Update file agar hasil editan anda tersimpan.

  • Selesai.




Walaupun edit theme wordpress melalui dashboard sangat praktis, namun untuk theme yang sedikit komplek yaitu didalamnya terdapat folder tambahan, folder tersebut tidak dapat terbaca. Oleh karenanya, cara yang harus dilakukan adalah melalui Cpanel hosting atau melalui software FTP Client.



Postingan ini hanya sebagai pengetahuan singkat bagaimana mengedit sebuah theme wordpress. Untuk teknik pengeditan tentu anda harus mengetahui dasar-dasar ilmu tentang CSS, HTML, PHP, struktur theme wordpress dan lain-lain. Oleh karenanya, pada posting berikutnya kita akan belajar tentang semua itu.



Demikian artikel mengenai Cara mengedit theme wordpress, semoga dapat bermanfaat. Bila anda masih ada waktu luang, silahkan baca juga artikel tentang Cara Mengelola Author di Wordpress.

No comments:

Post a Comment