Monday, May 21, 2012

Apa itu Plugin Wordpress


plugin wordpress

Apa itu Plugin Wordpress, KRtutorplus.com – Menurut anda, faktor apa yang membuat wordpress menjadi flatform yang populer di dunia dan banyak digunakan oleh blogger profesional serta blog-blog perusahaan besar? Salah satu faktornya adalah ketersediaan plugin wordpress yang jumlahnya puluhan ribu sehingga dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya.



Lalu, apa sih sebenarnya plugin wordpress itu? Plugin wordpress adalah script atau software tambahan yang mempunyai fungsi khusus yang tidak tersedia dalam wordpress. Contoh fungsi-fungsi khusus tersebut misalnya untuk SEO, eCommerce, Security, efek-efek gambar dan lain sebagainya. Siapa pembuat plugin? Pembuat plugin adalah mereka para developer pengguna dan pecinta wordpress agar wordpress dapat lebih maju dan berkembang, bahkan andapun bisa menjadi pembuat plugin bila memang faham akan coding.



Situs resmi plugin wordpress



Demi menjaga keamanan dan kenyamanan para penggunanya, pihak wordpress membuat satu situs resmi untuk mengumpulkan plugin yang beralamat di :



http://wordpress.org/extend/plugins/



Disana, terdapat ribuan plugin yang bisa anda gunakan sesuai kebutuhan blog anda. Tinggal cari dengan kata kunci tertentu, maka anda akan menemukan plugin tersebut dan tentu saja bisa anda download secara gratis.



Plugin Wordpress Berbayar



Sejalan dengan perkembangan wordpress yang begitu pesat, banyak pihak yang melihat hal tersebut sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Kini, banyak develover membuat plugin untuk tujuan komersial, mereka ciptakan plugin yang mempunyai fungsi istimewa kemudian menjualnya kepada mereka yang membutuhkan fungsi istimewa plugin tersebut.



Cara Install Plugin Wordpress



Ada banyak cara untuk menginstall plugin wordpress, mulai dari install langsung dari dashboard wordpress, melalui cpanel hosting serta menggunakan software FTP Client. Agar lebih jelas, cara install akan dijelaskan pada posting berikutnya.



Demikian pengenalan tentang apa itu plugin wordpress, semoga dapat memberikan manfaat bagi anda. Bila masih punya waktu luang, sempatkan juga untuk membaca artikel cara membuat blog tentang cara pasang widget wordpress.

No comments:

Post a Comment