Thursday, March 15, 2012

Cara Setting menu Reading Wordpress


Setting menu Reading

Cara Setting menu Reading Wordpress – Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu cara setting menu writing wordpress, langkah selanjutnya adalah cara setting menu reading wordpress. Dalam menu Reading memang tidak banyak yang harus di atur, namun terkadang ini dibutuhkan dalam keadaan tertentu.









Cara Setting menu Reading Wordpress


Berikut adalah langkah-langkah bagaimana cara setting menu Reading wordpress :


  1. Silahkan login ke area admin blog wordpress anda.

  2. Sorot menu Settings yang ada disebelah kiri bawah layar monitor anda, setelah keluar sub menu, pilih menu Writing.

  3. Silahkan isi form yang tersedia atau pilih sesuai dengan keinginan anda dan akhiri dengan klik tombol Save Changes.

    • Front page displays : Pilih Your latest posts apabila tampilan halaman depan (home page) blog anda adalah diurut dari posting paling akhir/terbaru. Pilih A static page (select below) apabila tampilan halaman depan blog anda adalah dari static pages, tentukan juga pages yang diinginkan.

    • Blog pages show at most : tuliskan jumlah posting yang ingin tampil dihalaman depan.

    • Syndication feeds show the most recent : Tuliskan jumlah untuk pengiriman feed.

    • For each article in a feed, show : ini berlaku untuk feed, jika dipilih Full text maka artikel yang kirimkan melalui feed adalah artikel penuh, namun jika yang dipilih adalah Summary maka feed yang dikirimkan hanyalah ringkasan saja, bukan artikel penuh.

    • Encoding for pages and feeds : Sebaiknya jangan di ubah, biarkan UTF-8 saja.

      menu reading









Info Tambahan Seputar Menu Reading


Front page displays

Pilihan Your latest post di pilih umumnya apabila blog wordpress anda dibuat untuk dijadikan sebuah blog biasa, bukan toko online, menjual produk ataupun jasa.



Pilihan A static page dipilih umumnya dipergunakan untuk blog wordpress yang tujuannya di jadikan sebagai toko online atau menjual produk sertda jasa. Untuk theme-theme tertentu, terkadang dibuat custom template untuk pages sehingga tampilan halaman depan nanti terlihat persis menyerupai website untuk berjualan.



Blog pages show at most

Menentukan jumlah postingan di halaman depan sekilas tampak sepele, namun ini merupakan hal yang lumayan vital. Dalam menentukan jumlah posting yang akan tampil di halaman depan anda harus konsisten, usahakan agar angka yang anda tulis tidak akan pernah diubah kembali. Jika suatu saat anda mengubah angka tersebut, maka nantinya akan ada banyak broken link ( link rusak), ini terjadi apabila jumlah postingan anda sudah banyak dan melebihi jumlah yang tampil di halaman depan.



Ingat, apabila jumlah posting sudah banyak maka akan muncul link biasanya dinamai dengan Next Post dan Previous Post atau bagi yang menggunakan plugin Page Navi terlihat menjadi angka 1, 2, 3, 4 dst. Setiap page mempunyai link tersendiri, misal :



http://krtutorplus.com/page/2/

http://krtutorplus.com/page/3/

http://krtutorplus.com/page/4/

dst



Dan link-link tersebut umumnya di index oleh google. Jadi, kalau anda mengubah-ngubah jumlah postingan di halaman depan, itu akan mengubah juga komposisi jumlah pages, bisa bertambah atau berkurang. Apabila berkurang, tentu akan di anggap sebuah broken link oleh google, dan apabila anda menggunakan google webmaster tool, disana akan muncul error tentang broken link tersebut.



Perlu anda ketahui, bahwa broken link dalam jumlah yang banyak dapat memperburuk kualiatas blog anda di mata search engine, khususnya google. Oleh karenanya, alangkah baiknya bila anda memikirkan dari awal berapa jumlah post yang akan tampil, dan tidak akan mengubahnya lagi dimasa mendatang.



Mudah-mudahan saja artikel  cara setting menu reading wordpress ini dapat bermanfaat bagi anda yang memang belum mengetahuinya.

No comments:

Post a Comment