Thursday, March 22, 2012

Benarkah Kontes SEO Melanggar Guidelines?


Kontes
Beberapa hari terakhir di google plus sedang menjadi perbicangan para blogger Indonesia. Ya, ini semua berkaitan tentang Kontes SEO di Indonesia.


Kita tahu kontes seo sudah menjadi ajang yang tepat untuk mengetest kemampuan seo anda, terlebih lagi jika anda menang akan mendapatkan hadiah yang menarik tentunya dari sang penyelenggara. Namun, akhir-akhir ini banyak yang mengatakan bahwa Kontes SEO Melanggar Guidelines. Benarkah itu? Maka akan dibahas tuntas dalam artikel ini.

Beberapa hari terakhir dalam salah seorang yang bekerja di google sebagai penanganan untuk web spam di google plus yaitu Kaspar Szymanski membuat sebuah status yang berisikan bahwa kontes seo saat ini melanggar peraturan webmaster google. Hal ini dinyatakan pada statusnya pada 14 Maret 2012 yang lalu. Berikut detailsnya:

Kontes SEO Guidelines

Sejak beberapa waktu yang lalu #Google #Search Quality telah mengamati kontes-kontes SEO di Indonesia. Kami menyadari beberapa kontes ini membahayakan bagi para website yang berpartisipasi. Kontes dengan kata kunci rill seperti “Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia” atau “Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik” terbukti melanggar Google Webmaster Guidelines (Peraturan Webmaster Google) [http://goo.gl/7tTe6]. Kami sudah mengambil tindakan secara manual sambil menunggu algoritma kami mulai beraksi. Saya sarankan para #webmaster yang menjaga baik-baik reputasi website nya untuk menghindari kontes-kontes semacam ini. Webmaster yang ingin melakukan perbaikan harus memastikan bahwa website mereka mematuhi Peraturan Webmaster Google terlebih dulu sebelum mengajukan rekonsiderasi [http://goo.gl/sGoku].


#seo #spam

Sumber diambil dari status Kaspar Szymanski langsung. Sudah jelas bukan bahwa saat ini kontes seo melanggar peraturan webmaster google? Namun dalam beberapa komentar yang dijelaskan dalam status itu, bahwa kontes seo yang melanggar guidelines adalah kontes seo yang menggunakan kata kunci rill. Kata kunci apa itu? Kata kunci riil adalah kata kunci yang dipakai pengguna umum dalam kehidupan nyata, contohnya "notebook murah".

Bagaimana Cara Mengatasinya Jika Sudah Terlanjur Membuat Postingan Kontes?
Dalam tahap ini tentu ada cara untuk mengatasinya. Bagi anda yang sudah terlanjur membuat postingan kontesnya, tidak perlu dihapus, itu malah akan memperburuk seo anda, karena akan membuat broken link pada blog anda. Saran saya anda hanya perlu mem-nofollowkan semua url yang menuju link out ke situs yang ditentukan dalam kontes seo, atau menghapus link tersebut. Itu akan membuat robot google menyangka postingan anda akan lebih natural. Anda juga bisa mengedit artikel kontes yang sudah selesai dengan mengedit artikelnya sedemikian rupa sehingga bukan ditujukan untuk kontes, tapi untuk pengunjung.

Berikut ini beberapa rujukan link yang wajib Anda baca sebagai materi referensi Anda tentang google guidelines:

- Google Webmaster Guidelines - Peraturan Google Webmaster Google yang wajib Anda baca dan ketahui.
- Google Spam Report - Menemukan spam di hasil pencarian Anda? Sampaikan pada kami!
- Google Group - Punya masalah/pertanyaan mengenai google? Silakan masuk ke forum untuk bertanya-jawab disana.

Apakah Ada Kontes SEO yang Aman?
Tentu ada, Anda juga bisa mengetest kemampuan seo anda dengan satu syarat. Sudah saya katakan di atas bahwa kontes seo yang melanggar guidelines adalah kontes seo yang menggunakan kata kunci rill. Jadi selain itu boleh dong? Tentu, selain itu bisa. Kata kunci yang tidak umum, tidak bersifat dan tidak dicari oleh users dalam pencarian itulah yang bisa anda ikuti. Ada contohnya? Untuk saat ini belum saya temukan atau belum tahu kontes seo yang cocok untuk anda ikuti, karena menurut saya rata-rata hampir semuanya melanggar guidelines. Ini masih asumsi saya saja, mungkin saja ada beberapa kontes seo yang tidak melanggar namun saya belum mengetahuinya, mungkin sobat disini bisa memberi tahu saya.

Apa Dampak Jika Melanggar Peraturan Webmaster Google Poin Ini?
Sebenarnya kontes seo dari dulu sudah mulai dilarang, terutama bagi penyelenggara. Karena bagi penyelenggara sangat untung, terutama untuk menaikkan pagerank. Dalam hal ini, menaikkan pagerank dengan cara seperti ini tentu melanggar peraturan webmaster google. Dari dulu kontes seo berbahaya memang terutama akan memperburuk seo Anda, ada beberapa poin penting mengapa kontes seo akan memperburuk seo blog Anda.

1. Memperburuk Konten Blog
Ya, saat Anda mengikuti kontes seo, tentu kata kunci yang ditembak terkadang berbeda dari niche blog Anda. Karena pada kontes seo kata kunci yang ditembak pun tergantung panitia penyelenggara. Google akan memperhatikan ini sebagai konten yang berbeda dari aslinya, dan tentunya akan berpengaruh pada seo blog Anda. Misalnya blog Anda membahas tentang komputer, namun Anda mengikuti sebuah kontes seo dengan keyword yang ditembak merupakan bertopik sepeda motor. Bukankah berbeda? Ini akan menjadi perhitungan tersendiri bagi google.

2. Pengunjung dan Google
Pernahkah Anda mendengar bahwa kenyamanan pengunjung merupakan kenyamanan robot google juga? Hal ini memang ada benarnya, namun agak sedikit berbeda dari perhitungan google. Pengunjung menyukai konten yang fresh dan sesuai dengan topik blog Anda, begitu juga dengan google. Pada saat Anda mengikuti kontes seo dan menuliskan postingan yang berbeda dari topik blog Anda, tentu pengunjung akan merasa bingung bukan? Ia akan bingung tulisan apa yang Anda tulis, mengapa berbeda dari topik blog Anda. Sama dengan perhitungan google, google juga akan memperhitungkan konten yang berbeda dari topik yang Anda tulis, ini akan menjadi perhitungan sendiri.

Dari sini kita sudah dapat mengambil kesimpulan bahwa Anda harus berhati-hati dalam mengikuti Kontes SEO. Saat ini juga sudah mulai banyak yang terkena dampak kontes seo, seperti deindexnya blog. Beberapa artikel kontes seo yang sudah terkena sandbox maka akan menjalar ke artikel-artikel lainnya dalam blog Anda, dalam hal ini Anda harus berhati-hati.

Sebaiknya kita memang harus berhati-hati dengan Kontes SEO, karena Kontes SEO Melanggar Guidelines! Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, apabila ada salah kata saya mohon maaf. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment