Friday, February 17, 2012

Membersihkan Virus Shortcut Tanpa Install Ulang Komputer

Beberapa hari yang lalu saudara saya terkena Virus Shortcut pada notebooknya, beliau kehabisan akal dan mengintal ulang notebooknya hingga 2 x, namun tidak berhasil juga, sampai-sampai beliau memformat data D dengan mem-back up seluruh data dengan eksternal harddisk hingga akhirnya hilang dengan keseluruhan Virus Shortcut tersebut pada notebooknya, dengan demikian beliau sudah kehilangan sebagian data penting yang ada di notebooknya, kebayang ga bagaimana keselnya?? apakah terus berulang-ulang sahabat menginstal ulang komputer, laptop/notebook sahabat?? sebenarnya jangka waktu instal ulang maximal itu 1 tahun sekali, minimal 6 bulan sekali

Oke, cukup curhatnya, sekarang kembali lagi kita fokus pada virus shortcut.

Saat sekarang ini banyak sekali komputer yang terserang virus shortcut 1234 Runmit, paling tidak hal itu sudah terjadi pada komputer-komputer disekitar saya. Virus ini banyak sekali menyerang komputer yang sering dimasuki flashdisk, karena media flashdisk adalah media yang paling digemari vrius shortcut 1234 runmit ini untuk menyebarkan dirinya. 

Ciri-ciri yang paling terlihat dari komputer yang sudah terinfeksi virus shortcut adalah Virus Shortcut 1234 Runmit ini akan membuat File WATERMARK.EXE pada directory C:\Program Files\Microsoft dan juga pada C:\Program Files\Common Files\Microsoft

Sedangkan di Flashdisk virus tersebut akan membuat beberapa file shortcut dan file recycler serta file autorun.inf


Lantas, bagaimana cara memperbaiki komputer yang sudah terkena virus shortcut itu tanpa harus memformat dan menginstall ulang komputer kita?

Nah, cara ini pernah saya coba pada salahsatu komputer dan berhasil, caranya adalah dengan mengandalkan 3 buah antivirus (harus sudah update terbaru), yaitu memakai antivirus SMADAV V 8.5 dipadukan dengan SYMANTEC ANTIVIRUS serta AVG ANTIVIRUS 2011.

Langkah-langkahnya adalah:

a. Pertama amankan data dikomputer kita (backup data).
b. Setelah itu, install SMADAV V 8.9 (update terbaru) dan SYMANTEC ANTIVIRUS (update terbaru).
c. Lalu scan semua drive di komputer kamu. Delete saja semua file virus yang terdeteksi.
d. Setelah selesai proses scan dengan kedua antivirus tersebut, lalu lanjutkan dengan menginstall antivirus AVG ANTIVIRUS 2012 + Update terbaru.
e. Lanjutkan dengan men-scan semua drive dengan AVG ANTIVIRUS 2012. 
f. Hapus semua virus yang terdeteksi.

Kalau masih belum yakin dengan hasil scan yang pertama tadi, silahkan re-start komputer kamu, lalu scan ulang semua drive dikomputermu dengan semua antivirus tersebut. Dengan cara itu saya yakin semua virus akan terhapus. 

Oya, pastikan bersihkan juga Flashdisk-mu dari virus tersebut dengan men-scan-nya. Jika ada file bekas virus yang tidak terhapus lakukan penghapusan manual.

Semoga Cara Mengatasi Virus Shortcut ini dapat membantu mengatasi serangan virus dikomputer kamu.

No comments:

Post a Comment