Sunday, February 19, 2012

MANFAAT KACANG HIJAU

kacang hijau
Manfaat kacang hijau – Kacang hijau merupakan makanan atau miniman yang dapat kita temui di asaran. Banyak sekali olahan dari kacang hijau itu sendiri. Misalnya bubur kacang hijau, es kacang hijau, sari kacang hijau dan masih banyak lagi olahan yang terbuat dari kacang hijau. Tapi taukah anda dengan manfaat kacang hijau untuk tubuh kita? Mari kita simak sama-sama manfaat dari kacang hijau tersebut.
Kandungan Kacang Hijau per 100 gram antara lain :
- Protein (g) 24,0
- Lemak (g) 1,3
- Karbohidrat (g) 56,7
- Kalsium (mg) 124
- Fosfor (mg) 326
- Vitamin B1 (mg) 0,47
- Vitamin B2 (mg) 0,39
Kacang hijau (Phaseolus aureus) memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, karena mengandung kalsium dan fosfor yang sangat diperlukan tubuh. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh, sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan. Kacang hijau juga merupakan sumber protein nabati terbaik. Kalsium dan Fosfor yang terkandung dalam kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang.
Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 24 %. Di dalamnya terdapat sumber mineral penting antara lain kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh sehingga baik untuk jantung. Selain itu aman dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah dengan berat badan karena kandungan lemahnya rendah.
Kacang hijau mengandung vitamin B1 yang berfungsi untuk mencegah penyakit beri-beri, membantu proses pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, memperbaiki saluran pencernaan, dan memaksimalkan kerja syaraf. Ada penelitian yang menyatakan bahwa pada sekelompok orang yang makanannya kurang cukup mengandung vitamin B1, seperti kacang hijau, dalam waktu singkat muncul gejala-gejala mudah tersinggung, tidak mampu memusatkan pikiran, dan kurang bersemangat. Gejala-gejala ini mirip dengan tanda-tanda orang stres.
Tidak cuma vitamin B1, kacang hijau juga mengandung vitamin B2 yang tugasnya membantu penyerapan protein dalam tubuh. Kehadiran vitamin B2 ini akan meningkatkan pemanfaatan protein sehingga penyerapannya menjadi lebih efisien.
Oh ya, selain kacangnya, kecambah kacang hijau juga punya manfaat tak kalah penting antara lain :
  • Antioksidan kecambah membantu memperlambat proses penuaan
  • Mencegah penyebaran sel kanker
  • Kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan
  • Sangat baik untuk menjaga keasaman asam lambung
  • Melancarkan pencernaan
  • Meremajakan dan menghaluskan kulit
  • Menghilangkan noda-noda hitam pada wajah
  • Menyembuhkan jerawat
  • Menyuburkan rambut
  • Melangsingkan tubuh

No comments:

Post a Comment