Monday, February 20, 2012

Lacak Perubahan Pada Folder dengan Track Folder Change

Lacak Perubahan Pada Folder dengan Track Folder Changes Image
Bagi yang mengalami masalah dengan sistem manajemen file dan folder dan ingin melacak perubahan akses yang terjadi di dalamnya, kabarnya kini ada program utilitas yang tepat bernama Track Folder Changes 1.1.0.0 terbaru. Program yang terkenal cukup handal ini ternyata mampu memberikan pertolongan dalam melacak keberadaan akses terhadap folder tertentu pada sistem komputer yang ada.
Lacak Perubahan Pada Folder dengan Track Folder Changes Image
Mengingat program utilitas ini tersedia secara gratis, maka tak ada salahnya bila Anda mencobanya terlebih dahulu sebelum memutuskan apakah telah sesuai dengan kebutuhan Anda atau belum. Selain memiliki antarmuka yang cukup sederhana, program ini ternyata juga mengandalkan fitur sistem visual pengkodean warna untuk menandai dan menampilkan file ataupun folder apa saja yang telah mengalami perubahan akses sehingga dengan begitu pengguna dapat dengan cepat dan mudah mengerti.
Lacak Perubahan Pada Folder dengan Track Folder Changes Image
Beberapa catatan terkait program ‘Track Folder Changes 1.1.0.0′ ini, yaitu:
  • Kode warna: muncul saat Track Folder Changes mulai beroperasi memantau folder yang Anda ingin ketahui perubahannya. File atau folder yang telah mengalami proses penambahan ditunjukkan dengan tampilan highlight warna hijau, sedangkan yang telah mengalami proses pemindahan atau penghapusan maka ditunjukkan dengan tampilan highlight warna merah. Dan semua tampilannya terlihat sangat sederhana.
  • Apa saja yang dimonitor : pergerakkan file ataupun folder ke dalam dan ke luar dari folder yang Anda monitoring, serta perubahan pada file dan folder.
  • Portable: lakukan proses ekstrak (unzip) dan kemudian jalankan.
Keunggulan program ‘Track Folder Changes 1.1.0.0′ (wish list) :
  • Minimize to tray: Saat pengguna exit, segala proses yang ada juga akan berakhir termasuk proses monitoring folder yang juga terhenti sama sekali. Walaupun begitu, tentunya alangkah lebih baiknya kalau seandainya ada konfirmasi saat itu juga yang mempersilahkan pengguna untuk memilih, apakah akan keluar atau hanya akan meminimalkan ke tray. Pilihan ke autostart yang diminimalkan dengan Windows tentunya akan sangat menyenangkan atau lebih baik.
  • Pemantauan lebih dari satu folder: tentunya akan jauh lebih baik.
Secara keseluruhan, walau skema pengkodean warna visual yang ada terkesan cukup sederhana, namun keberadaan program ‘Track Folder Changes 1.1.0.0′ ini boleh dibilang tidak kalah bagusnya jika dibandingkan dengan program monitoring lain sejenis yang banyak beredar di pasaran saat ini. Dan karena kesederhanaannya itulah, sampai-sampai di situs resminya pun tak ada dokumentasi apapun yang menjelaskan bagaimana cara pengoperasiannya. Ya, sebagai pengguna, tentunya harapan agar program utilitas ini ke depannya dapat lebih baik lagi!

No comments:

Post a Comment