Friday, February 17, 2012

Google Screenwise


California - Raksasa mesin pencari Google berani membayar tiap peselancar Internet sebesar US$ 25 (sekitar Rp 225 ribu). Syaratnya, mereka mau menggunakan browser khusus yang mampu mendetaksi setiap link yang dikunjungi.

Mengutip laporan Dailymail, Jum'at, 10 Februari 2012, program bernama Google Screenwise ini adalah cara Google supaya dapat mengintai apa saja yang dilakukan pengguna Internet.

Tentunya kegitan mengintai ini melanggar privasi pengguna Internet, kecuali jika mereka tidak keberatan. Oleh karenanya Google mensiasatinya dengan membayar senilai US$ 25 dalam bentuk Amazon gift card.

Menurut blog Search Engine Land, program yang diterapkan Google ini agak aneh karena setiap orang ingin aktivitas dan kerahasiaan mereka di Internet tetap terjaga.

Lagipula, buat apa Google mencari data tentang situs yang sering dikunjungi pengguna Internet. Bukankah seharusnya Google lebih mengetahui.

Di Eropa, Google akan memberlakukan kebijakan privasi bagi pengakses layanan Google di sana mulai 1 Maret mendatang. Kebijakan privasi "one size fits all" ini artinya Google bisa membeberkan apa saja yang ia ketahui tentang aktivitas penggunanya di layanan Google Search, Gmail, dan YouTube.

Terhadap rencana kebijakan privasi tersebut, regulator Eropa sudah menulis surat kepada CEO Google, Larry Page untuk menghentikannya.

Program Google Screenwise ini mendapat perlawanan dari para pendukung privasi. Melalui situs teknologi ZDNet, mereka menyatakan upaya Screenwise ini akan membuat Google menjadi lebih tahu tentang dirimu.

Bahkan Google akan lebih mengenali apa yang kamu lakukan ketimbang isterimu sendiri.

Sementara Google mengklaim sebaliknya. Di home page Screenwise, perusahaan yang bermarkas di California itu justeru kewalahan dengan antusiasme mereka yang ingin berpartisipasi dalam program ini.

"Sebagai panelis, Anda akan menambahkan sebuah browser extension yang akan mengirimkan data ke Google mengenai situs apa yang Anda kunjungi dan bagaimana Anda menggunakannya," tulis Google.

Apa yang telah kami pelajari dari aktivitas Anda tadi, lanjut Google, akan sangat membantu dalam mengembangkan produk kami.

Ketika mendaftar, tiap sukarelawan akan mendapatkan gift card senilai US$ 5. Kemudian mereka akan mendapatkan lagi US$ 5 setiap bulan sepanjang tetap menjadi panelis.

Jika Anda sudah tak ingin turut serta dalam program ini, Anda dapat keluar kapan saja.

"Ini hanyalah salah satu proyek kecil dan setiap orang bebas memilih untuk ikut berpartisipasi atau tidak," tulis Google.

Syarat menjadi peserta program Screenwise adalah pengguna Web berusia 13 atau lebih dan wajib memiliki akun Google. Mereka juga harus memakai peramban Google Chrome.

No comments:

Post a Comment