Sunday, February 5, 2012

Cara Mengganti Template dan Background Blogger Template Designer

Pilih Template & Background Image
Klik untuk memperbesar gambar!

Blogger Template Designer berbeda dengan Template Tata letak atau Template Klasik. Pada Blogger Template Designer (yang saat ini digunakan oleh mayoritas blogger ) telah disediakan fitur-fitur baru yang berfungsi untuk merubah atau mengganti beberapa variable template. Anda dapat melakukan beberapa pergantian background blog (background body, background header dan background box posting), merubah lebar blog dan bagian blog seperti sidebar dan main-blog serta dapat melakukan beberapa perubahan pada font, seperti style font, font-family, color dan ketebalanya tanpa harus melalui bersusah-payah merubah kode di template (Edit HTML). Cukup lakukan beberapa kali klik dan beberapa perubahan langsung bisa dinikmati hasilnya di halaman blog. Sebuah layanan gratis yang sungguh luar biasa sekalipun kadang terasa berlebihan dan sedikit menghancurkan kreativitas karena untuk merubah beberapa variable (elemen) template (blog) tak lagi harus dilakukan dengan terlebih dahulu membuka desain template (halaman edit html).

Pilih Background Template
Klik untuk memperbesar gambar!

Posting tentang cara memilih template dan menggunakan background di Blogger template Designer ini sebenarnya merupakan satu bagian dari beberapa tutorial atau panduan blogger yang akan diterbitkan di posting-posting berikutnya berkaitan dengan tips dan trik cara mengganti background dengan background image yang kita buat sendiri, baik yang berukuran besar (jumbo) ataupun berukuran kecil. Selain itu juga akan kita postingkan panduan tentang cara membuat template blogger ini agar bisa diganti dengan bentuk background color tanpa melibatkan satupun background image serta berbagai trick lain untuk menciptakan berbagai perubahan yang bersifat sederhana ataupun radikal dengan tujuan memperoleh tampilan baru yang semakin menarik.

Langkah Mengganti template dan menggunakan background.

  1. Login ke Blogger.
  2. Halaman Dasbor (Dasboard).
  3. Klik Design (Rancangan).
  4. Pilih dan klik Edit HTML.
  5. Backup Template dengan cara :
    • Klik Download Template Lengkap (Download Full Template).
    • Simpan file template di folder PC. Berikan nama yang berisikan waktu modifikasi untuk lebih memudahkan mengingat dan menggunakan disaat diperlukan kembali.
  6. Pilih dan klik Perancang Template (Template Designer). Tunggu beberapa saat.
  7. Halaman Perancang Template Blogger Blogger Template Designer):
    • Klik Template.
    • Pilih dan klik salah satu pilihan template yang tersedia (Mudah (Simple), Jendela Gambar (Picture Window), PT Keren Sekali (Awesome Inc.), Tanda Air (Watermark), Kelembutan (Ethereal) dan perjalanan (Travel).
    • Di bawah masing-masing template tersedia beberapa pilihan varian. Silahkan pilih dan klik. Tinggu beberapa saat untuk melihat preview template pilihan anda (di bagian bawah).
    • Anda dapat berhenti sampai di sini jika tak ingin menggunakan pilihan background (background image dan warna tema). Lanjutkan klik Terapkan ke blog (Apply to blog) kemudian klik Kembali ke Blogger (Back to Blogger).
    • Bagi yang ingin menggunakan fitur pilih background image atau warna tema, setelah memilih varian template, lanjutkan dengan klik Latar Belakang (Background).
    • Pada bagian ini ada pilihan menggunakan tema warna blog dan background image. Untuk memilih warna tema blog bisa langsung klik salah satu tema warna, tetapi jika menginginkan background image silahkan klik "Gambar Latar (Background Image)" dengan klik (tanda panah kecil) dalam box di bawah teks Gambar Latar (Background Image).
    • Halaman "Pilih Gambar Latar (Select Background Image) akan terbuka. Pilih dan klik salah satu background image yang tersedia berdasarkan kategori background.
    • Klik Selesai (Done).
  8. Klik Terapkan ke blog (Apply to blog).
  9. Klik kembali ke Blogger (Back to Blogger) untuk kembali ke "Design (Rancangan).
  10. Buka blog dan lihat hasilnya.

No comments:

Post a Comment