Saturday, February 11, 2012

Cara Buat Deskripsi Blog - Blog Description di Header Blog


Deskripsi Blog atau Blog Description adalah deskripsi (penjelasan singkat) tentang blog. Deskripsi blog di blogger dibatasi sejumlah 500 karakter (huruf). Anda bebas menuliskan apapun di sini, bahkan sekalipun jauh dari konten blog. Tentu saja akan jauh lebih baik jika anda mengisinya dengan deskripsi blog anda. Blog description terletak tepat di bawah judul blog (blog title). Jika anda sedang membuka blog maka dia akan terlihat sangat mencolok karena letaknya yang di ujung teratas halaman dan mempunyai ukuran font lebih besar jika dibandingkan dengan beberapa bagian blog yang lain. Untuk membuat deskripsi blog ini anda dapat memanfaatkan fitur yang telah disediakan blogger dan untuk menggunakannya masuklah ke Elemen Laman (Page Elements).

Cara membuat deskripsi Blog (Blog Description)
  1. Login di Blogger. Jika anda menggunakan google mail (gmail), login cukup dilakukan dengan menuliskan user name dan password, namun jika bukan dari gmail tuliskan alamat email secara lengkap.
    Untuk login klik di sini !
  2. Setelah login dilakukan anda akan memasuki halaman dasbor (dasboard) yang di dalamnya berisi beberapa fitur , seperti posting, Stats, Rancangan (Design), Comments (Komentar, Settings (Pengaturan) dll.
  3. Fitur Design (Rancangan) akan menghubungkan pengguna dengan fungsi edit template. Fungsi editing berada di Rancangan | Elemen Laman (Design | Page Elements) dan di Rancangan | Edit HTML (Design | Edit HTML). Klik "Design (Rancangan)".
  4. Di halaman ini berisi banyak elemen dengan berbagai fungsi dan kegunaan. Cari Header Element (di bagian atas halaman) kemudian klik "EDIT"
  5. Mengonfigurasi Header (Configure Header)
    Blog Description maksimal berisi 500 karakter. Tuliskan hal yang berkaitan dengan orientasi posting anda.
  6. Setelah deskripsi blog selesai dituliskan, klik SIMPAN (SAVE).
  7. Selesai (Finish).
Buka blog anda untuk melihat sekaligus memeriksa deskripsi blog yang telah dibuat apakah masih diperlukan perubahan atau penyesuaian!

No comments:

Post a Comment