Monday, February 20, 2012

Bermain Piano di Komputer Dengan Synthesia

Hobi bermain piano dan untuk menjadi pintar dalam hal itu anda harus mempunyai alat musik tersebut. Paling tidak,  anda harus mempunyai keyboard untuk di mainkan. Alat musik tersebut pun mempunyai harga yang tidak murah, untuk sebuah piano klasik bisa memakan biaya sekita 100 juta. Sedangkan untuk sebuah keyboard elektrik mempunyai harga standart sekitar 5 juta.
Bermain Piano di Komputer Dengan Synthesia, Mau Coba? Image
Sekarang untuk belajar bermain piano, anda bisa memanfaatkan sebuah perangkat komputer. Sepesifikasi yang di butuhkan pun tidak perlu yang terlalu istimewa. Karena dalam artikel ini kami akan mengajari anda bermain piano melalui sebeuah aplikasi gratisan.
Aplikasi ini bernama Synthesia adalah sebuah aplikasi gratis yang memungkinkan Anda berlajar bermain piano dengan suara midi yang di hasilkannya. Jika anda dapat menghubungkannya dengan keyboard midi maka anda akan dapat menggunakan aplikasi ini secara penuh.
Adapun langkah-langkah menggunakannya adalah :
    1. Buka browser anda, arahkan URL nya ke http://synthesiagame.com/getTheGame.aspx. Download aplikasinya sesuai sistem operasi yang anda gunakan. Tersedia untuk sistem operasi Windows dan MAC. Hingga artikel ini di tulis, Synthesia masih dalam versi 0.8.2. Bermain Piano di Komputer Dengan Synthesia, Mau Coba? Image
    2. Install aplikasinya seperti meng-install aplikasi kebanyakan.
    3. Jalankan aplikasinya, bila pertama di buka aplikasi ini akan muncul dalam resolusi satu layar penuh. Jangan kuatir anda bisa menekan tombol ESC untuk keluar dari aplikasi tersebut. Bermain Piano di Komputer Dengan Synthesia, Mau Coba? Image
    4. Klik tombol Play untuk mulai bermain, dan pilih jenis lagu yang akan anda mainkan, kemudian klik COntinue untuk melanjutkan. Bermain Piano di Komputer Dengan Synthesia, Mau Coba? Image
    5. Dan mulai lah bermain piano.
Bermain Piano di Komputer Dengan Synthesia, Mau Coba? Image
Synthesia adalah aplikasi yang ringan, hanya 3 MB. Selain itu spesifikasi komputer anda juga harus memili dukungan grafis.
Kini jika anda berniat mempelajari musik dengan bermain keyboard, synthesia adalah program yang bisa anda andalakan, hanya saja kelemahannya. Aplikasi ini belum mampu menampilkan berbagai macam efek suara akustik layak piano asli. Secara keseluruhan aplikasi ini layak untuk di coba.

No comments:

Post a Comment