Thursday, February 16, 2012

Bayi Bisa Kenali Nada Suara Ibu

detail berita
Ilustrasi (Foto: Reuters)

CALIFORNIA - Bayi mengerti apa yang ibu mereka katakan, meskipun tidak tahu bahasa yang diucapkan. Hal itu disampaikan oleh para ilmuwan Inggris berdasarkan hasil penelitian baru.

Penelitian ini membuktikan apa yang oarng tua telah ketahui selama bertahun-tahun, yaitu bayi mengerti nada suara ibu mereka bukan kata-katanya. Untuk mengetahuinya, para peneliti melakukan semacam permainan menggunakan kata-kata bahasa Inggris 'whoops' dan 'there', lalu proses yang sama diulang dalam bahasa Yunani dengan nada suara yang sama.

Para akademis menemukan, bahwa bayi mereproduksi reaksi yang sama terlepas dari apakah mereka mengetahui bahasa tersebut.

Pemimpin studi, Merideth Gattis dari Cardiff University School of Psychology mengatakan, "Penelitian ini menunjukkan, bahwa anak-anak bisa memiliki akses ke pemahaman hanya dengan menggunakan nada suara."

'whoops' dan 'there' dalam dua bahasa berbeda menunjukkan hasil yang sama, baik dalam bahasa Inggis atau Yunani. Padahal tak satu pun dari anak-anak mengerti," jelas Gattis, seperti dilansir dari Telegraph, Kamis (16/2/2012).

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cognitive Development ini dilakukan dengan 84 bayi, berusia antara 14 dan 18 bulan. Dikatakan Gattis, bahwa anak-anak menanggapi petunjuk 'nada' dalam pembicaraan orang tua mereka sejak usia dini.

Menurutnya, nada suara merupakan sinyal yang sangat berguna untuk apa yang seseorang pikirkan. "Kita tidak pernah memiliki akses sampai ke pikiran orang lain, kecuali sinyal dalam bahasa yang kita berikan," tambahnya.

Gattis mengatakan, dari hasil penelitian ini berarti apa yang orang tua katakan tidak begitu penting tapi justru bagaimana mereka mengatakan sesuatu. Maka kesimpulan dari studi ini menunjukkan bahwa orang tua tidak perlu terlalu khawatir dan bingung akan mengatakan apa, tapi lebih memperhatikan nada bicaranya. (tyo)
 

No comments:

Post a Comment