Wednesday, February 8, 2012

Add an Audio or Video Clip to a Blogger Profile

Banyak tutorial tentang cara menambahkan audio clip di Profil Blogger, tetapi sayang kebanyakan hanya bo'ong2an. Tutorial yang diberikan terlalu amat sangat pendek (singkat) dan sama sekali tak menyentuh tema yang mereka angkat. Kebiasaan buruk yang sebenarnya tak lebih dari "tipuan busuk yang membuat muak pengunjung blog". Yang lebih menyedihkan lagi adalah para plagiator yang tak ubahnya "kera pengekor" yang dengan "menyengir penuh liur menetes" dengan santainya copy paste sekalipun tutorial blogger yang dicopy hanyalah "bualan pemalas haus popularitas". Memang sebenarnyalah penambahan audio clip ini adalah bagian yang "agak gelap" bagi pengguna karena blogger sendiri tak memberikan keterangan detail tentang ini.

Menambahkan musik pada profil blogger sebenarnya tak hanya dibatasi dalam bentuk audio clip saja. Anda dapat uload juga clip musik berupa video. URL yang kita gunakan juga bukan url yang hanya berisi file audio/video biasa seperti http://audio.mp3 atau http://video.mov. File ini berupa file audio/video lengkap berikut playernya. Ada cara termudah untuk membuat atau mendapatkannya. Ambil saja sebuah link audio/video dari Youtube, Vimeo atau lainnya. Jika anda ingin file pribadi yang digunakan, silahkan upload terlebih dahulu di Youtube, misalnya.

Cara menambahkan clip Video atau Audio di Profil
Klik: Perbesar gambar
Sebelum melakukan proses upload di profil blogger lakukan:
  1. Buat sebuah file audio atau video.
  2. Buat file audio atau video kebentuk klip dengan menambahkan pada player. Anda bisa juga lakukan dengan cara upload file audio atau video tersebut dan dapatkan URL-nya melalui kode embed.
    Contoh URL dari Youtube:
    http://www.youtube.com/embed/CdXesX6mYUE

Cara menambahkan URL audio/video clip di halaman Profil Blogger
Klik: Perbesar gambar
Setelah anda punya URL audio/video klip yang siap untuk dipergunakan, lanjutkan dengan langkah berikut:
  1. Login ke Blogger.
  2. Halaman Dasbor (Dasboard).
  3. Klik Edit Profile.
  4. Halaman Edit Profil User » Klip Audio .
    • Copy URL klip audio atau video yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
    • URL Klip Audio » Paste URL klip audio video dalam box yang tersedia.
  5. Klik Simpan Profil (Save Profile).
  6. Klik Lihat Profil yang Telah Diperbarui (View Updated Profile).

No comments:

Post a Comment